Tips Memilih Laptop yang Tepat untuk Kita

Memilih laptop sebenarnya gampang-gampang susah. Hanya saja bagi yang belum tahu triknya, sering kali membeli laptop yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Nah kali ini, saya ingin berbagi tips yang mungkin bermanfaat bagi sohib-sohib yang bingung memilih laptop yang mana yang sesuai dengan kebutuhan. So lets check it out. Tips memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan kita.

Photo by Etienne Boulanger on Unsplash

1. Laptopnya mau dipakai untuk apa?
Pertanyaan pertama yang perlu sohib jawab sebelum memutuskan membeli laptop merk apa adalah, laptopnya akan dipakai untuk apa?
Hal ini penting karena tujuan penggunaan laptop menentukan definisi kebutuhan hardwarenya. Misalkan laptop untuk office saja tentu berbeda dengan laptop untuk gaming, karena laptop untuk gaming menuntut kapasiras RAM, Kapasitas harddisk dan Kualitas Grafis yang jauh lebih tinggi. Laptop untuk desain grafis juga berbeda dengan laptop untuk editing video. Dan sebagainya.

Berikut saya pandu untuk peruntukan laptopnya
  • Laptop untuk menjalankan office dan pengetikan saja
  • Laptop untuk melakukan coding
  • Laptop untuk membuat game
  • Laptop untuk bermain game
  • Laptop untuk desain grafis
  • Laptop untuk editing video entry level
  • Laptop untuk editing video pro level
  • Laptop untuk keperluan automasi
  • Lain-lain.
Jika sudah memilih, maka yok ke poin selanjutnya.

2. Softwarenya apa aja?
Setelah kita mengetahui kebutuhan laptop kita apa, kita perlu tahu software yang sekiranya akan kita pakai apa saja. Dari software tersebut, nantinya kita dapat mencari system requirement (kebutuhan hardware) untuk menginstall software tersebut apa saja. Nah system requirement inilah yang nantinya akan kita pakai sebagai referensi mencari spesifikasi laptop. Jika ada banyak software yang akan kita install di laptop, pilihlah system requirement terbesar sebagai spesifikasi minimal laptop kita.

Contohnya, jika Sohib hendak menggunakan system operasi Windows 10, maka system requirement minimal yang direkomendasikan microsoft adalah sebagai berikut.

sumber: klik di sini

Jika hendak menginstall dengan linux misalkan Linux Mint Ulyana dengan desktop Cinnamon maka system requirementnya sebagai berikut.

sumber: klik di sini

Selain system operasi, kita perlu juga untuk melihat system requirement untuk aplikasi-aplikasi khusus, misal nantinya kita mau install aplikasi berikut;

System requirement Corel Draw X8 (untuk desain grafis)


Sumber: klik di sini

System requirement Adobe Premiere pro CC 2020 (untuk editing video)


Sumber: Klik di sini

System requirement Android Studio (Untuk pemrograman Android)


Sumber: Klik di Sini

System Requirement PUBG untuk PC (Game PUBG)


Sumber: Klik di sini


Mudah untuk upgrade ngga ya?
Photo by Michael Dziedzic on Unsplash

Setelah kita dapatkan spesifikasi yang dibutuhkan untuk laptop impian kita, selanjutnya adalah mencaritahu tentang kemungkinan meningkatkan spesifikasi hardware laptop kita kedepannya. Misalkan kemungkinan peningkatan kapasitas RAM dalam 5 tahun lagi. Kemungkinan penggantian sparepart kedepannya. Apakah hardware laptop kita akan mendukung perkembangan software kedepannya, dan sebagainya.

Untuk lebih mudahnya, pilihlah laptop yang baru saja keluar. Atau jika harus beli laptop second, maka pilihlah laptop generasi terbaru juga. Atau laptop yang masih ada masa garansinya.


Pilih Laptop apa Desktop ya?
Antara laptop dan desktop memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi kamu yang bekerja dengan mobilitas tinggi, sudah tentu laptop adalah pilihan yang tepat.

Namun bagi Sohib yang membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi yang menuntut fleksibilitas tinggi dalam upgrade hardware maka dekstop adalah pilihan yang tepat. Seperti komputer untuk editing video yang menuntut spesifikasi yang sangat tinggi, maka menurut saya sebaiknya pilihlah jenis desktop karena akan sangat mudah dan sangat fleksibel ketika kita perlu meningkatkan spek atau ketika ada kerusakan maka akan sangat mudah  dalam perbaikannya.

Ringkasan
Jadi kesimpulannya adalah, sebelum memilih laptop, tentukan dahulu tujuan membeli laptop, kemudian cari tahu software terkait kebutuhanmu, pelajari kebutuhan hardwarenya, terakhir pertimbangkan pada aspek upgradeable.

Semoga sohib mendapatkan laptop impiannya. Terima kasih sudah membaca postingan kali ini.

1 comment:

  1. Artikelnya sangat bagus dan informatif. Untuk cek-cek laptop bisa langsung berkunjung ke https://www.agres.id/ banyak pilihan laptop dengan harga murah & bergaransi resmi.

    ReplyDelete