MENGATASI DCS CENTUM VP GAGAL START


Hai sohib automasi dimanapun berada, kali ini saya ingin berbagi pengalaman terkait bagaimana start centum yang mengalami error (kalau ngga salah ingat) "Illegal Exit Code, Please Power Off the Computer." atau ketika centum telah start muncul pesan, "TaskTray Could not connected to LicenseAgent."

Pengalaman ini pernah saya alami, dan juga sohib kita, Kris Lian yang bertanya di artikel saya yang ini: Virtual DCS, Solusi Mudah dan Murah Belajar DCS bagi Teknisi Instrumen ;

Pak, mohon petunjuk. Ketika saya test function untuk project baru, berjalan dengan normal. Namun untuk file project yg sudah ad, hasilnya negatif "ilegal exit code. Please power off the computer" mohon bantuan nya Pak

Berikut ini jawaban dari saya sepengetahuan dan sepengalaman saya.

Saya mengalami error tersebut pada salah satu HIS yang  waktu itu operator melaporkan kalau HIS nya bluescreen dan ketika start kembali muncul error Illegal Exit Code tersebut (Mohon maaf tidak sempat saya screen shoot errornya). Disertai munculnya message box  "TaskTray could not connect to LcenseAgent.

Gambar

Saya mencoba untuk melakukan redistribute license dari EWS atau HIS0164, namun hasilnya nihil. Error tersebut masih muncul. Sampai suatu ketika saya mengecek service windowsnya.

Ternyata ada beberapa service License-nya yang tidak berjalan. Ini ditandai dengan kolom status-nya yang kosong dan kolom startup type yang berubah ke manual. Beberapa kasus kolom startup type-nya tetap automatic tetapi servicenya tidak mau jalan otomatis. Harus dijalankan manual.

gambaran jendela service ketika error terjadi

Kemudian saya start servicenya kemudian saya jadikan startup type-nya menjadi automatic. Seperti berikut ini.

Gambaran jendela service setelah di lakukan start service

Nah, seperti yang Pak Kris alami, bahwa ketika masih project dan centum berjalan dengan mode Test Function, error ini tidak terjadi. Meskipun seluruh service licensenya sudah saya stop dan saya manualkan, tetapi tetap saja tidak muncul illegal Exit Code-nya. Saya kurang tahu mengapa ini terjadi, tapi mungkin ini disebabkan bahwa Centum yang start oleh test function itu berbeda dengan centum yang start karena terkoneksi ke DCS langsung. Ketika test function, centum akan berjalan dengan mode simulasi jadi error seperti ini masih bisa dikesampingkan terlebih dahulu. Wallaahua'lam, kalau ada yang lebih tahu atau pernah mengalami hal serupa boleh cerita di komentar ya.

Sekian sharing kali ini, smeoga bermanfaat. terima kasih atas perhatiannya.

8 comments:

  1. Saya pernah mengalami hal ini, setelah saya ganti vNet cardnya lalu install drivernya kemudian sesuaikan lagi IP Bus1 dan IP bus2, masalah selesai.

    demikian informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sharingnya Mas Ficky.
      Saya belum pernah coba itu, mungkin nanti kalau kejadian lagi, akan dicoba kembali.

      Delete
  2. terimakasih telah berbagi pengalaman, kunjungi laptop online terpercaya hanya di https://www.agres.id/

    ReplyDelete
  3. Halo mas. Ini gimana mas. Sudah bisa kah skrg. Kebetulan ada masalah yang sama juga. Bisa tolong d share how to solved nya.terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah terkait service license di centum sudah bisa Mas Anonymus. Dengan mengubah modenya menjadi automatic. Jika sudah automatic, coba di disable-enable kan kemudian restart PC.

      Delete
  4. Permisi, ada yang mengalami error HIS is in use saat mau function test di simulator DCS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya belum pernah mengalaminya. Mungkin bisa direview kembali apakah prosedur function testnya sudah benar, dan his yang dipakai apakah HIS0164

      Delete