Menjadikan Laptop Sebagai HART Communicator

HART Communicator atau HART Comm adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk berkomunikasi dengan instrument device menggunakan HART Protocol. Dengan menggunakan HART Communicator, kita dapat melakukan konfigurasi pada transmitter atau smart positioner seperti menginputkan range transmitter, mengubah satuan ukur, melakukan zero calibration, melakukan calibration, restroke, mengubah nilai tuning pada SMART positioner dan sebagainya. Oleh karenanya, sebagai seorang teknisi instrumen, kebutuhan akan HART Comm ini sangat tinggi terutama untuk melakukan maintenance pada alat instrumentasi.

Gambar HART comm 475 sumber: instrumart


Kendala terbesar dari HART Comm adalah harganya yang sangat mahal. Di tokopedia atau bukalapak, ada beberapa toko yang menjual HART Comm, untuk versi 475 nya saja, harga yang dipatok mulai dari 50 juta hingga 155 juta rupiah. Sungguh harga yang fantastis bukan? Harga HART yang mahal bukan tanpa alasan, selain HART Comm adalah kebutuhan maintenance, ia juga memiliki spesifikasi lain yang menunjang penggunaannya di lapangan seperti water proof dan yang utama adalah explosion proof. Explosion proof bermakna bahwa peralatan kita telah teruji aman digunakan saat di lokasi yang rentan terhadap ledakan. Ketika bekerja di lapangan, bisa saja transmitter atau valve yang akan kita cek berada di area gas yang mudah terbakar sehingga sangat rentan membawa peralatan elektronik ke sana. 

Oleh karena itu, postingan kali ini bukan untuk memberi informasi dan merekomendasikan untuk menggunakan laptop untuk kalibrasi ke lapangan, tetapi lebih kepada memfungsikan laptop sebagai HART Comm sebagai alat murah yang dapat digunakan untuk kalibrasi peralatan instrumentasi di dalam ruangan yang aman dari potensi bahaya atau sebagai bahan penunjang kegiatan belajar mengajar di lingkungan pendidikan.

Oke, kita mulai saja

Kebutuhan Hardware

Agar dapat menjadikan laptop sebagai HART device, kita membutuhkan.


  1. Laptop
    Laptop atau Netbook wajib memiliki port USB. Setahu saya, port USB yang pasti tersupport adalah port USB 2. Pastikan laptop atau netbook kita memiliki port USB tersebut.
    Jika tidak ada port USB, pastikan laptop sudah support dengan bluetooth.
  2. HART modem atau HART USB Adapter
    HART Modem atau ada yang menyebutnya HART USB Adapter adalah sebuah kabel dengan modul yang support dengan protokol HART. Tanpa alat ini, kita tidak akan bisa terkoneksi ke intrument device menggunakan HART protokol.
    Beberapa HART Modem yang banyak dipakai antara lain:

    - Viator HART Modem
    - Power Xpress
    - Vit dan sebagainya
  3. Resistor 250 Ohm
    Resistor digunakan sebagai syarat agar HART comm dapat terkoneksi dengan field instrument. Kadang resistor ini dipakai, kadang tidak. Jadi untuk jaga-jaga saja, jika tidak terkoneksi tanpa resistor maka perlu ditambahkan resistor yang dirakit secara seri di salah satu kabel.

Kebutuhan Software

Berikut kebutuhan softwarenya
  1. Sistem operasi Windows Minimal Windows XP
    Kebanyakan aplikasi yang dipergunakan untuk HART Comm berjalan di platform windows.
  2. Aplikasi Field Communication
    Aplikasi field communication digunakan untuk melakukan koneksi ke instrument device melalui HART Modem. Ada banyak aplikasi field communication, sebagai contoh:
    • Fieldmate dari Yokogawa
    • CommStaff dari Azbil
    • HLCOM dari Spring Technology
    • DevComm2000 dari Procomsol
    • PactWare
    • DeviceCare dari Metso dan sebagainya
    Beberapa konfigurasi yang dilakukan di Aplikasi ini antara lain mendefinisikan alamat HART (secara default 0), kemudian mengatur port COM pada laptop tempat HART Modem dicolokkan. Dan menginstall DD Files Library agar dapat mendeteksi field instrumen.

  3. DTM dan DD Files
    DTM atau Device Type Manager adalah sebuah aplikasi semacam driver yang digunakan untuk berkomunikasi dengan instrument device tertentu. Umumnya setiap vendor menyediakan aplikasi DTM untuk melengkapi aplikasi field communicator agar dapat terkoneksi dengan produknya. Misalkan DTM untuk instrument device Yokogawa dapat didownload di websitenya. Atau misalkan DTM untuk terkoneksi ke produk Metso juga dapat di download di Metso. Selain DTM ada juga DD Files.

    DD Files adalah semacam library atau pelengkap yang digunakan agar DTM dapat terkoneksi ke instrumen device tertentu. DD Files umumnya dibuat bedasarkan versi suatu alat instrument. Misalkan sebuah transmitter X hanya bisa terkoneksi pada software yang memiliki versi 3.0. Sedangkan yang telah ada hanya sampai 2.0. Oleh karenanya, DTM perlu diinstall dengan DD Files aplikasi versi 3.0 agar bisa menarik menu-menu konfigurasi dari instrument device yang sedang dikonfigurasi.
Koneksi Laptop ke Instrument Device
Koneksi ke Laptop dilakukan sebagaimana kita mengkoneksikan HART Comm ke instrument device pada umumnya.

Koneksi HART Laptop, sumber: https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Sekian semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Toko Dh Scale Kami merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 2000 bergerak dalam industri Sensor, Pusat timbangan digital, Timbangan Analitik, Indikator Timbangan, Jual timbangan digital, Timbangan Duduk. Kami berada di LTC Glodok, Hayam Wuruk Street, RT.1/RW.6, Mangga Besar, West Jakarta City, Jakarta, Indonesia. Temukan berbagai produk terbaik kami (Timbangan digital, Bagging machine, Jembatan timbang, Timbangan laboratorium, Timbangan sawit, Sensor Timbangan)
    https://www.suppliertimbangandigital.com/product/jembatan-timbang-khusus-untuk-kelapa-sawit-p974819.aspx

    ReplyDelete