VIRTUAL DCS, SOLUSI MUDAH DAN MURAH BELAJAR DCS BAGI TEKNISI INSTRUMEN

DCS atau Distribute Control System merupakan sistem kontrol modern untuk industri dimana DCS menawarkan kemudahan dan kehandalan dalam melakukan proses kontrol pabrik. DCS. Bagi sobat yang belum mengenal DCS, bisa membaca artikel saya Mengenal Distribute Control System (DCS).

Bagi teknisi instrumentasi yang terbiasa bekerja di lapangan, bersinggungan dengan DCS bisa jadi merupakan hal yang asing dan biasanya menjadi sulit ketika suatu saat harus melakukan maintenance lewat DCS. Hal ini saya alami dahulu ketika bersinggungan langsung dengan DCS. Ada perasaan was-was dan takut mematikan pabrik bila salah dalam mengeklik atau melakukan download logic di DCS. Tapi seiring berjalannya waktu akhirnya saya memahami bahwa melakukan engineering DCS tidaklah sesulit itu. Yang menjadi kendala utama adalah pembiasaan dan pengetahuan terkait mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan ketika melakukan engineering DCS. Oleh karena itu, agar teknisi instrumentasi terbiasa mengoperasikan engineering DCS, maka perlu dibangun sebuah sistem yang aman untuk melakukan engineering sekaligus try and error pada DCS. Salah satunya adalah virtual DCS yang bisa dioperasikan di laptop teknisi instrumen.


Di antara solusi membiasakan teknisi berinteraksi dengan DCS adalah membangun simulator atau sebuah miniatur loop kontrol yang dioperasikan oleh DCS. Namun untuk pengadaannya tentu sangat mahal karena kita perlu menyediakan perangkat DCS dan komputer. 

Solusi lainnya adalah dengan memanfaatkan laptop atau komputer khusus yang memiliki spesifikasi lumayan tinggi yang di-instal aplikasi komputer virtual. Jadi program DCS akan dijalankan di laptop atau komputer tersebut tanpa harus bersusah payah membangun simulator atau miniplant.

Gambarannya adalah sebagai berikut ini:

Gambar Virtual DCS di dalam OS Windows 7. Terlihat 2 Start Menu di Sana.

Keuntungan memiliki virtual DCS
  1. Sebagai media pembelajaran instalasi, konfigurasi dan back up system bagi teknisi instrumen.
  2. sebagai media memahami fungsi program-program terkait aplikasi DCS.
  3. Sebagai media pembelajaran bagi teknisi instrumen yang aman karena tidak berefek ke pabrik secara langsung.
  4. Sebagai media riset dan pengembangan interlock dan control system yang bisa try and error
Bagaimana Menjalankan DCS Di Virtual Komputer?

Sebagian Sobat mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara menjalankan DCS di Virtual Komputer? Bukankah DCS perlu disambungkan ke Control Processor dan Modul agar dapat berjalan?

Jawabannya dengan menggunakan mode simulation. Di DCS Centum VP Misalnya, ada yang namanya mode Test Function yang digunakan untuk mengecek plant control system sebelum diaplikasikan ke real plant. Mode Test Function diaktifkan dengan membuka Program System View milik Centum kemudian klik kanan pada FCS selanjutnya pilih Test Function. Indikasi berhasilnya Test Function adalah munculnya aplikasi Centum di virtual DCS kita. Jangan lupa, lakukan Test Function untuk FCS lainnya.


Gambar Menjalankan Test Function Virtual DCS Centum VP




Apakah Kita Harus Test Function Lagi Bila Menyalakan Virtual DCS Lagi?

Tidak Perlu,
Ini enaknya virtual, bila kita selesai menggunakan virtual DCS, kita tinggal pilih menu Save State dan vitual DCS akan Pause di kondisi terakhir dia dan akan Resume bila kita jalankan kembali.

Gambar Save the Machine State, Mem-pause Virtual DCS

Apakah Program Virtual Komputer yang Admin Rekomendasikan?

Sejauh ini, saya baru pernah mencoba aplikasi virtual komputer berikut,
  1. VM Ware, jenis Shareware atau Berbayar
  2. Microsoft Virtual PC, Jenis Freeware alias gratis
  3. Oracle Virtual Box, jenis Freeware alias gratis.
Yang saya pakai saat ini adalah Oracle Virtual Box. Selain Gratis, penggunaannya pun lumayan mudah. Dan yang saya rekomendasikan adalah Oracle Virtual Box. Untuk VMWare dan Ms Virtual PC, saya belum pernah mencobanya untuk menginstall DCS. Kemungkinan tidak banyak beda dengan Oracel VBox. Saya pernah memakai VMWare dan Ms Virtual PC untuk instalasi Linux jaman STM dulu hehehe.

Untuk mendwnload virtual box, silakan mengklik link berikut
https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads


Bagaimana dengan Spesifikasi Komputernya?

Untuk menjalankan Virtual DCS Centum VP R5.0, saya memakai laptop Asus A455 dengan prosesor Core i5, RAM 4GB dan Harddisk 1TB dengan Windows 7 Ultimate 64 bit sebagai Sistem Operasinya. Untuk file virtual DCSnya sendiri hanya sebesar 50 GB dengan Sistem Operasi Windows 7 Profesional 64 Bit.

Ketika menjalankan Virtual DCS, RAM 4GB ini terbagi 2, 2GB untuk Virtual komputer, selebihnya untuk menjalankan real windows di laptop kita. Untuk DCS Centum VP R5.0 ini sudah lumayan lancar. Kalau dari saya sendiri merekomendasikan minimal RAM-nya 8GB agar semakin nyaman mengoperasikan virtual DCS di Laptop atau komputer kita. Tapi ingat, bila ingin menaikan RAM sampai 8 GB atau lebih, pastikan dulu kemampuan motherboard dan jangan gunakan sistem operasi 32 bit karena sistem operasi 32 bit tidak mampu mendeteksi RAM lebih dari 4 GB.



Oke, saya kira cukup sekian yang bisa saya tulis. Semoga bermanfaat bagi sohib sekalian. Bila ada komentar, tambahan dan diskusi bisa dituliskan di kolom komentar. Terima kasih.

22 comments:

  1. Waaah, bagus sekali ini mas buat saya yang lagi belajar. Ngomong2 virtual box nya itu sdh include langsung dcs ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum Mas Pranataw, virtual box adalah aplikasi virtual komputer. Aplikasi ini memungkinkan kita memiliki komputer virtual di dalam komputer asli kita. Nah komputer virtual itu nantinya diinstall system operasi dan program DCS.

      Delete
    2. Untuk program DCS sendiri, biasanya kita perlu beli, harganya lumayan mahal. Saya kurang tahu ada versi educational purposenya atau nggak. Kalau di perusahaan, kita bisa pakai CD DCS yg dibeli perusahaan tsb. Kita install di Virtual Box, gunanya agar kita dapat mempelajari DCS tsb tanpa perlu risau mengganggu proses pabrik.

      Selain DCS, program PLC dapat juga dijalankan lewat virtual box. Untuk pengetesannya kita memakai mode test atau simulate yg biasanya sudah dibundle dengan programnya.

      Delete
  2. jika ingin belanja banyak tentang dcs kita bisa skolah di mana ya saya minam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jurusan instrumentasi, setahu saya untuk tingkat STM cuma ada di SMK N 1 Cimahi (STM Pembangunan Bandung)

      Untuk jurusan Mekatronika dan sebangsanya, biasanya mereka juga belajar control namun bukan DCS, melainkan PLC.

      Untuk Jurusan perkuliahan, silakan cari Jurusan Teknik Fisika atau Teknik Instrumen

      Tapi pada umumnya pelajaran di sekolah hanyalah pengenalan saja, tidak terlalu dalam. Ketika di tempat kerja lah kita memperdalam ilmu itu sendiri.

      Delete
  3. pernah pakai yokogawa centum cs3000 kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah... Cuma ngga se intens vp. Mungkin mirip2 lah dg vp

      Delete
  4. Pak, mohon petunjuk. Ketika saya test function untuk project baru, berjalan dengan normal. Namun untuk file project yg sudah ad, hasilnya negatif "ilegal exit code. Please power off the computer" mohon bantuan nya Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu start centum ya muncul illegal exit code,??
      1. apakah lisensi centumnya sudah terpasang dengan baik?
      bisa dicek di HIS-nya dan EWS-nya. Bisa coba dengan retransfer license hari EWS ke HIS

      2.Coba cek service lisence centumnya sudah jalan atau belum di windowsnya. Saya lupa-lupa ingat, rasanya ada 4 service terkait lisence, coba start (atau restart) service tersebut kecuali license yang extended.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. klo berkenan sedekah virtual DCS pak. Untuk mencerdaskan kehidupamn bangsa :-)

    ReplyDelete
  7. klo berkenan sedekah virtual DCS pak. Untuk mencerdaskan kehidupamn bangsa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya mau-mau saja Mas. Tapi sayangnya lisensi DCS yang saya punya, bukan saya yang beli. hehehe
      Kemudian ukuran filenya kurleb 60 GB jadi agak ngos2an.

      Delete
  8. saya ada Virtual DCS honeywell EXperion

    ReplyDelete
  9. Bagus ini, cuma virtual dcsnya harus minta peruhasaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rata2 minta ke perusahaan atau izin ke perusahaan buat virtual. Tentu tidak boleh disebar.

      Delete
  10. Klo bisa virtual untuk education nya bisa dishare mas.. dijual juga gpp.. Nanti sy beli nya.. sy perlu ni buat latihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, saya belum punya virtual dcs for educational purpose.

      Delete
    2. yg pny mas nya apa mas?
      klo boleh virtual nya sy beli nya mas
      bisa email ke saya gwsena@gmail.com

      Delete