Perjalanan dan Perubahan

Tidak terasa sudah 9 tahun lebih saya memelihara blog ini. Seingat saya, blog ini saya buat pada Bulan Maret 2009. Waktu itu saya masih bersekolah di SMK N 2 Depok atau yang lebih dikenal dengan STM Pembangunan Yogyakarta (Stembayo), kelas VIII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Tahun kedua saya bersekolah di STM favorit se-yogyakarta yang jenjang pendidikannya sampai 4 tahun.



Awal mula berkenalan dengan dunia blogging adalah ketika salah seorang guru kami, Bapak Yunianto Hermawan memperkenalkan blogger dan meminta kami untuk berkelompok dan membuat sebuah blog. Kami pun membuat blog dengan kelompok masing-masing. Waktu itu tugasnya hanya agar kami mengenal dunia blogging jadi cukup jadi saja. Namun kemudian, saya ingin punya blog probadi, kemudian saya pun membuat sebuah blog pribadi yang saya alamatkan ke https://hyperpost.blogspot.com.

Dulu, nama blog ini adalah GROWING SMART WITH INFORMATION, sesuai dengan slogan yang tertulis di dinding ruang belajar jurusan kami. Sebuah slogan yang begitu bermakna karena di zaman modern ini dimana arus informasi sangat deras mengalir, hanya orang yang mampu memanfaatkan informasi itulah yang akan menjadi orang yang pintar dan cerdas. Mereka yang tidak mampu memanfaatkan informasi yang beredar, akan ketinggalan zaman. Dan mereka yang bahkan tidak bisa menyaring informasi yang datang malah akan tenggelan tersapu derasnya arus informasi. Kita tahu bahwa akhir-akhir ini banyak orang-orang tumbang karena tidak mampu memilah mana informasi yang valid dan mana yang hoax sehingga yang mereka lakukan bukannya mencerdaskan malah menghancurkan. Waliyyadzubillaah.

Kembali ke cerita blogging. Awal ngeblog saya galau. Mau diisi konten apa. Namun karena saya adalah anak TKJ, saya putuskan untuk mengisinya dengan konten-konten seputar komputer. Konten-konten itu didapatkan dari apa yang saya pelajari dan apa yang saya dapatkan dari sekolah. Akhirnya, jadilah blog ini dengan SEO-nya yang amburadul. Bagaimana enggak, alamat blog ini, hyperpost; namanya GROWING SMART WITH INFORMATION tag linenya waktu itu "berbagi info berbagi wawasan.", Isinya tentang komputer.. Jadi ngga klop babar blasss. Hehehe

Tahun 2009 dan 2010 adalah tahun jayanya blogger. Saya ingat betul, kala itu hampir setiap malam saya pergi ke warnet. Ambil paket 5000 per 3 jam, saya pun ngeblog sepuasnya. Bersama kawan-kawan blogger waktu itu dengan konten mereka masing-masing, kami sering tukar link, kami jadikan blog kami blog dofollow, kami saling meninggalkan komentar hingga dahulu saya ingat betul alexa rank blog ini sampai tembus di 500 ribuan. Wahahaha sebuah pencapaian yang super kala itu.

Namun setelah kelas 4 STM, saya mulai tidak konsen blogging karena kesibukan di lingkungan PKL. Kemudian saya pun melamar kerja dan alhamdulillah, kini saya bekerja di sebuah pabrik petrokimia di Palembang, sebagai teknisi instrumentasi. Agak miris memang, karena dahulu saya besar di dunia komputer, kemudian bekerja sebagai teknisi instrumentasi. Namun di sisi lain saya besyukur karena instrumentasi dan informatika adalah saudara sepupu jauh. Ilmu-ilmu mereka saling terkait satu sama lain. Dasar ilmunya adalah logika. Bahkan tak jarang saya pun menemui pekerjaan seperti konfigurasi IP Address, Perawatan Komputer DCS, Instalasi Antivirus, Programming C, Programming SEBOL, Gerbang Logika dan sebagainya. Apalagi menjelang revolusi industri 4.0 ini.

Untuk saat ini, blog ini saya isi dengan pengalaman-pengalaman saya belajar dan bekerja di bidang instrumentasi nyerempet-nyerempet informatika. Tujuannya sebagai catatan agar saya tidak tidak lupa dan agar ilmu saya bermanfaat bagi pembaca sekalian. Oh ya, Saya sangat senang kemarin beberapa materi blog ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi yang sedang sertifikasi keahlian. Alhamdulillaah.... Semoga kedepannya, kita bisa saling sharing materi terutama terkait instrumentasi dan informatika.

Kemudian terkait judul blog pun saya ubah agar lebih spesifik dan sesuai dengan isi blog. Instrumatika yang mana merupakan akronim dari Instrumentasi dan Informatika. Dua hal yang saya geluti sekarang.Dan kedepannya, saya ingin mengubah link agar lebih klop dengan isi blog. Aamiin

Oke sampe di sini dulu saja... mungkin post ini adalah post paling gak penting di blog ini. Sifatnya hanyalah curahan hati saja hehehe. Terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktu untuk membaca blog ini. Respon positif dan sarannya sangat diharapkan.... Sekian

No comments:

Post a Comment