Mari menulis Blog

Seminar Internet Communication Training 18 April 2009

Wah, kali ini aku mau berbagi pengalaman tentang seminar ICT (Internet Communication training) yang diadain oleh IM3 dari Indosat kemarin Sabtu tanggal 18 April di gedung university club UGM. seminar ini dihadiri 5 sekolah menengah yang diundang yakni: SMK N 1 Depok Sleman, SMK N 2 Depok Sleman( sekolah saya nih), SMA 3 N Yogyakarta, SMA N 8 Yogyakarta dan SMA Muhammmadiyah 3 Yogyakarta.

Sesuai dengan temanya, Internet Communication training for school, seminar indosat kali ini bermaksud memperkenalkan dan mengkampanyekan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran yang bagus bagi siswa sekolah. Teknologi yang difokuskan adalah internet dan lebih spesifik lagi yakni pemanfaatan situs jaringan sosial (facebook, dan friendster) pemanfaatan blog dan pemanfaatan situs jaringan wiki.


Dengan pembicara utama bapak Surahyo (blog beliau bisa diakses di sini )kami belajar mengenai pemanfaatan Internet sebagai jaringan pendidikan. Pokoknya intinya, situs jaringan sosial, situs blog, dan situs jaringan wiki dimanfaatkan sebagai media pengembang ilmu pengetahuan.

Situs jaringan wiki merupakan sumber materi karena situs ini memiliki predikat lebih baik dibanding ensiklopedia. Blog dipergunakan sebagai penulisan materi dan forum diskusi umum namun terbatas, sedangkan situs jaringan sosial dimanfaatkan sebagai media diskusi lanjutan dengan intensifitas diskusi yang lebih mendalam dan bersifat khusus. Diharapkan bagi siswa dapat mengembangkan kemampuan diskusi nya dengan media tersebut di atas.

eit tapi tunggu dulu... inti artikel bukan yang itu... seperti judul di atas kali ini saya akan membagi tips menulis blog yang saya dapat pada seminar 18 April lalu.. begini nih tipsnya...

1. Sebelum menulis di blog, tentu saja kita harus mempersiapkan segalanya. mulai dari niat dan tekad untuk mengupdate blog kita,... tentusaja blog harus dibuat terlebih dahulu.

2. Mulai menulis. Tulisan hendaklah tulisan yang berasal dari hati, jujur dan tidak dibuat-buat. Tulisan seperti ini menurut info yang saya dapat dari seminar tersebut sangat digemari pembaca. (reader mau pun blogger).

3. Buatlah artikel yang unique dan menarik. Lebih bagus lagi untuk jika sobat menciptakan trend sendiri. Iya nggak??? coba lihat artikel yang lagi ngetrend sekarang di google trend

4. Hati-hati jangan asal kopi paste. Saya rasa ini sudah jelas.

5. Optimalkan blognya dan terus update ya.... Jangan lupa infonya harus berguna dan bersifat ilmu OK. Anda bisa melihat kondisi blog di http://tools.pingdom.com atau bisa dicek di sini atau di sini

nah itu tadi sedikit tips yang saya dapat dari seminar itu. Moga berguna dan bermanfaat bagi pembaca semua (baik reader mau pun blogger).

Kata-kata penutup:
Don't waste your time or time will waste you (Knight of Cydonia by Muse )

22 comments:

  1. niat updateku ngilang sob........... hhhuaaaaaaa.....
    gara2 internet emot...hheheheh.....

    ReplyDelete
  2. mari mari, mari kita mencurahkan benih pemikiran kita dalam bentuk tulisan...

    ReplyDelete
  3. $mile...$mile....$mile...hehehe matre banget :)

    Tetap semangat blogging demi kejayaan agama dan negara. Bring back khilafah ! mmmuuaah :p

    ReplyDelete
  4. siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip

    ReplyDelete
  5. Wah kok SMU 2 Jogja g ada yah??

    Dapatkan EBOOK gratis disini FREE EBOOK "SEO ALL IN ONE" >>panduan singkat meningkatkan traffic di blog anda dan cara2 meningkatkan Page Rank Blog anda..dapatkan secara gratis....hanya disini atau disini.

    Klo mo penghasil dolar baru..bisa berkunjung disini atau disiniKlo mo Download Film gratis ada disini atau disini

    ReplyDelete
  6. waduuh... kok komennya pada aneh-aneh ya.... Mohon komennya nggak aneh-aneh ya... yang memberi semangat gitu lo

    ReplyDelete
  7. @Lina,aldy_patties,hwehehe, EK4zone, Pahlawan Bertopeng, hidayat,indra putu achyar, KOESnadi

    Makasih dah berkomentar ya... semoga semangat ngeblog kita tetap terjaga

    ReplyDelete
  8. info yang bagus, saya akan pelajari ... thanks ya... tetap semangat selalu for u.

    ReplyDelete
  9. @kifni dan Boyjaya... Maksih komentarnya... dan tetap semangat berkarya

    ReplyDelete
  10. wokeh banget bro... mudah2an bisa seperti itu.. :)

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah,
    sedikit sedikit sambil belajar saya sudah buat website http://www.tb512.com dan
    http://www.tebetbarat.com :)

    Wassalam,
    Safri

    ReplyDelete
  12. thanks sharingnya...keep posting and happy posting....

    ReplyDelete
  13. pokoke never ending berkarya deh...

    ReplyDelete
  14. Mari Menulis Blog dengan Sungguh-sungguh

    ReplyDelete