Mengenal Bahasa Pemrograman SEBOL bagian 1

sumber: http://instrumentationandcontrol.net


Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi sedikit materi yang saya himpun dari tugas yang diberikan kepada kami untuk mempersiapkan materi yang akan dijadikan bahan ajar sharing knowledge DCS Centum kepada rekan-rekan karyawan lainnya. Kebetulan, saya mendapatkan bagian untuk membahas tentang SEBOL mari kita mulai.

Sohib pembaca sekalian mungkin telah mengenal banyak sekali bahasa pemrograman, di dunia IT sendiri ada bermacam-macam bahasa pemrograman seperti Pascal, C, C++, Java, Visual Basic dan sebagainya. Ada juga bahasa pemrograman tetapi masuk kepada bahasa skrip (scripting language) yaitu html dan php. Tetapi saya yakin, tidak banyak diantara sohib yang mengetahui tentang bahasa SEBOL. 


SEBOL adalah kepanjangan dari Sequence and Batch Oriented Language yakni sebuah bahasa pemrograman yang berorientasikan pada sequence dan batch. Sequence adalah pemrograman yang dapat mendefinisikan suatu tahap-tahap dalam suatu pengontrolan instrumentasi sedangkan batch adalah pemrograman yang berisikan perintah-perintah atau command line yang dapat dijalankan oleh Microsoft windows.

SEBOL sendiri memang dirancang untuk menangani kendali atas suatu proses yang sedang berjalan. SEBOL mirip seperti bahasa pemrograman pada umumnya, hanya saja ia memiliki fitur khusus yang bertujuan untuk menangani kendali suatu proses.

SEBOL menurut saya lebih mirip Bahasa Skrip daripada Bahasa Pemrograman karena asalnya tidak membutuhkan compile. Tetapi ada kalanya ia perlu di-compile ketika menemui kondisi-kondisi tertentu. SEBOL dibundel bersama dengan aplikasi DCS Centum milik yokogawa dimana  bahasa SEBOL dapat dieksekusi melalui Function Block SFC. Jadi bahasa SEBOL memang tidak dikenal luas karena hanya dapat digunakan dan dieksekusi di aplikasi DCS Centum. Jadi sangat wajar bila tidak banyak orang mengetahui dan memahami bahasa satu ini karena memang jarang dipakai.

Seperti bahasa pemrograman umunya, SEBOL memiliki 2 jenis program unit. Yaitu
  1. Sebol Programs, atau keseluruhan program yang ditulis di dalam sebuah sekuens di dalam SFC Block.
  2. Sebol Function adalah sub dari sebol program yang menjalankan fungsi tertentu. Mirip dengan function yang ada di bahasa pemrograman java atau C++ pada umumnya.
Sebagai  bahasa pemrograman yang dibundel bersama aplikasi Centum, Sebol memiliki kemampuan untuk membaca nilai suatu function block, status suatu function block dan kondisi alarm dari function block tersebut. Selain membaca, SEBOL dapat juga melakukan manipulasi terhadap nilai, status dan alarm dari suatu function block. SEBOL dapat digunakan untuk melakukan import data dari SIS (Safety Instrument System) ke DCS dan sebaliknya. SEBOL dapat digunakan untuk melakukan perhitungan rate, misal pertambahan tekanan per menit. Atau  melakukan tugas yang ebih kompleks.

Mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan saat ini. Semoga nantinya saya dapat berbagi terkait macam-macam perintah yang dapat dieksekusi oleh SEBOL. Seperti looping, selection condition, branching dan sebagainya.

2 comments: