TIPS MENAIKAN RATING WINDOWS EXPERIENCE INDEX



image sourceitnepal.net 



Apakah Windows Experience Index itu?

Keterangan windows experience index dari web microsoft.

The Windows Experience Index measures the capability of your computer's hardware and software configuration and expresses this measurement as a number called a base score. A higher base score generally means that your computer will perform better and faster than a computer with a lower base score, especially when performing more advanced and resource-intensive tasks.


Intinya adalah windows experience index adalah angka yang mewakili kecepatan dan peforma komputer kita. Semakin tinggi nilainya umumnya peforma komputer lebih baik dibanding yang nilainya lebih rendah.

Pada Windows Experience Index dikenal yang namanya base score. Base score ini mengindikasikan score atau nilai terendah pada peforma komputer kita. Jadi misalkan Windows Experience Indexnya terindikasi 3.8 maka itu adalah nilai terendah dari peforma beberapa komponen komputer kita.

Windows Experience Index pada Windows 7 dapat dibuka dengan cara:

  • Klik Start Menu
  • Pada kolom "Search programs and files" Ketikan "windows experience index"
  • Pilih hasil : Check the Windows Experience Index.

Kemudian akan muncul jendela windows experience Index

Skala penilaian Windows Experience Index adalah antara 1.0 sampai 7.9.

Komponen yang dinilai meliputi:

  1. Processor (Kemampuan kalkulasi perdetik)
  2. Memory (RAM) (Pengoperasian memori per detik)
  3. Graphics (Performa desktop untuk windows aero)
  4. Gaming Graphics (Performa untuk mengolah data 3D dan game)
  5. Primary Hard Disk (Disk Data Transfer Rate)

Bagaimana meningkatkan Rate Indexnya?

Sepanjang pengalaman saya ada dua cara meningkatkan rate index Windows Experience Index.
  1. Upgrade Hardware
  2. Upgrade Software 

Upgrade Hardware
Dengan mengupdate hardware dengan spesifikasi lebih tinggi tentunya akan meningkatkan peforma komputer kita. Saya pernah mengupgrade RAM komputer saya dari 1 GB menjadi 3 GB dan efeknya berpengaruh pada meningkatnya Rate Index untuk RAM dan Processor. Karenanya jika Sobat menemui laptop atau komputer sobat mulai lemot, saya sarankan untuk mencoba upgrade RAMnya.

Upgrade Software
Software yang dimaksud adalah software driver komputer. Software driver akan selalu diupdate oleh pengembang device. Saya pernah mencoba mengupgrade driver untuk VGA laptop saya: Intel HD 3000 dari yang keluaran lama diganti dengan yang keluarannya lebih baru. Hasilnya Rate Index untuk Graphics dan Gaming Graphics meningkat dari yang semula 3.8 menjadi 4.3. Lumayan sih untuk laptop dengan spesifikasi rendah seperti punya saya. Hehehehe

Adapun cara mencari nama driver komputer bisa dibaca di sini.


Nah itulah di antara tips tentang meningkatkan Rate Index Windows Experience Index.

Sebenarnya ada cara lain bahkan ini akan membuat rate Indexnya maksimal, apa itu? dengan mengedit file yang menyimpan data Rate Indexnya. Tapi saya enggak merekomendasikan cara tersebut karena cara tersebut tidaklah meningkatkan kemampuan komputer Sobat. Hanya nilainya saja yang diubah tapi kemampuannya tetap sama.

Sekian post kali ini semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment