Tentang IP Address v4

Apakah IP Address itu?
IP Address adalah salah satu protokol dalam jaringan komputeryang berfungsi untuk mendefinisikan alamat komputer di jaringan tersebut. (definisi bebas)
Kalau diibaratkan rumah maka IP Address adalah alamat rumah tersebut. Misal Jl. Ampera No.2

Jika dua buah komputer atau lebih yang terhubung dengan jaringan ingin dapat saling berkomunikasi/bertukar data maka perlu didefinisikan alamat IP nya. Di dalam System operasi Windows 7 IP Address dapat dikonfigurasi di:


Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Setting

Kemudian pilih salah satu network adapternya. Misal pilih yang Local Area Network dengan doubleklik pada adapternya.

Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IP v4) dan Anda akan menemukan tampilan berikut:
 

Keterangan
IP Address                 : Alamat IP yang dikonfigurasi pada komputer
Subnet Mask              : Disebut juga netmask atau network mask digunakan untuk memisahkan
                                    antara network-id dan host-id pada IP Address.
Default Gateway         : Alamat IP yang digunakan sebagai gerbang utama menuju internet



Kelompok IP Address v4
Dikarenakan terbatasnya jumlah IP Address v4 maka IANA (International Assigned Numbers Authority) membagi IP Address v4 ke dalam dua kelompok, yaitu Alamat IP Publik dan Alamat IP Privat.

IP Publik adalah IP yang dipergunakan untuk saling berkomunikasi dalam jaringan internet. IP Publik sifatnya terbatas dan setiap komputer yang terkoneksi pada internet harus memiliki IP Publik.

IP Privat adalah Alamat IP yang dipergunakan di kalangan sendiri. Penggunaannya biasanya untuk konfigurasi jaringan LAN. IP Privat tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan internet secara langsung. Harus ada sebuah router yang akan menterjemahkan IP Privat tersebut kepada IP Publik agar komputer bisa terhubung dengan internet. Penterjemahnya disebut NAT (Network Address Translation). Ibaratnya kalau kita mau ngobrol dengan orang Jepang maka kita perlu seseorang yang berdiri di antara kita dan orang jepang untuk menterjemahkan bahasa kita dengan bahasa Jepang. Begitu pula sebaliknya.

Kelas-kelas pada alamat IP
Untuk memudahkan proses administrasi, IP address terbagi dalam 5 kelas yaitu kelas A, kelas B, kelas C, kelas D dan kelas E. Perhatikan tabel berikut.
tabel IP Address









Alamat IP Privat (Private IP Address)
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, IP Address terbagi dalam dua kelompok; Kelompok IP Publik dan kelompok IP Privat. Kelompok IP Privat dipergunakan untuk mengkonfigurasi IP di dalam Local Area Network sedangkan koneksi ke internet akan ditangani oleh gateway server dengan NATnya. Berikut adalah Alamat IP Privat dalam masing-masing kelas.


Subnet Mask
Sebuah IP Address terdiri dari dua buah alamat, yaitu alamat jaringan (Network Address atau Network ID) dan alamat Host (Atau Host ID). Kalau kita ibaratkan dengan alamat rumah: Jl. Ampera no.2, maka kita bisa analogikan bahwa Jl. Ampera sebagai Network Address dan No.2 sebagai Host Address. 

Untuk memisahkan antara network address dan host address digunakanlah Subnet Mask. Sebagai contoh:

 






Maka alamat IP 172.25.88.9 dengan Subnet Mask 255.255.255.0 memiliki network ID 172.25.88.0 dan host ID pada 172.25.88.9
Penggunaan Subnet Mask lebih lanjut akan dibahas di artikel selanjutnya tentang Subnetting, insya Allah

Network ID atau Network Address
Ketika kita membagi sebuah IP Address ke dalam subnet-subnet maka kita akan mendapatkan alamat pertama dari pembagian tersebut. Alamat inilah yang disebut Network ID. Fungsinya adalah untuk mendefinisikan bahwa jaringan tersebut berada pada kelompok Network tertentu.

Kalau kita lihat dari tabel di atas, IP Address 172.25.88.9 dengan subnet mask 255.255.255.0 terletak pada Network Address 172.25.88.0.

IP Address yang terletak di network yang berbeda tidak dapat saling berkomunikasi kecuali dijembatani oleh router.

Host ID atau Host Address
Adalah alamat yang dapat dipergunakan (usable) oleh end point devices (Server/client yang terhubung ke Jaringan) untuk berkomunikasi di dalam jaringan.

Broadcast Address
Alamat IP broadcast dipergunakan oleh server atau router untuk mengirimkan pesan ke setiap end devices yang terhubung ke jaringan. Alamat Broadcast yang biasa dipakai adalah alamat terakhir pada suatu subnet IP.

Sekian semoga bermanfaat.

Lihat juga: Cara mengetahui jumlah client pada sebuah blok IP Address.

1 comment: