Kemajuan Peradaban TKJ



Program pemerintah SMK Zyrex benar-benar telah merubah lab komputer milik jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 2 Depok, Sleman Yogyakarta benar-benar berubah. Bagaimana tidak, setahun yang lalu (2007), komputer yang dipergunakan sebagai bahan ajar maupun praktek adalah komputer kelas kakek-kakek. Ya, meskipun umurnya hingga 7 tahun, namun bagi standar umur komputer, komputer ini sudah sangat tua.
Sebagian besar dari komputer kami hanya memiliki spesifikasi:




RAM : 128 MB
Prosesor : Intel Pentium 4 ke bawah
Harddisk : 20 GB
VGA : lawas / ob
Belum lagi serangan virus yang meraja lela, sampai-sampai flash salah seorang siswa TKJ diinfeksi virus sebanyak lebih dari 150 virus. Waktu itu ketika virus “kspoold-D, moonlight, Slow but sure dan lainnya” masih marak menyerang lab kami tercinta. Namun sekarang, semua itu terbantahkan (meskipun pasukan-pasukan virus masih bergerilya) dengan digantinya komputer kami yang lama dengan komputer dari Zyrex. (makasih ya Zyrex)
Komputer dengan spesifikasi : RAM = 1 GB, HDD = 80 GB, dan prosesor = intel dual core. Telah mengganti peradaban kami menjadi lebih maju.
Lalu, kemana komputer lama, diloakkan? Sama sekali tidak. Komputer lama tetap dipakai oleh penerus kami, ya. Kelas satu TKJ. Mereka masih memakai computer yang lama (baca: jadul), meski begitu, ketika kelas dua nanti mereka pasti akan merasakan bagaimana rasanya komputer baru.
Kemajuan peradaban (baca: teknologi) di TKJ tidak hanya ini saja. Kini pelajaran di TKJ telah dipermudah dan diperluas dengan adanya jaringan inter (baca: internet) yang kini telah mampu mengkoneksikan 32 komputer milik siswa dan beberapa laptop milik guru. Meski terkadang koneksi yang diperoleh tak sesuai dengan harapan, toh yang penting kita tidak ketinggalan informasi (baca: jadul).
Semangat buat TKJ Stembayo.





7 comments: