BIOS part 5

6. PNP/PCI Configuration



PCI and PnP Configuration



PNP OS Installed
Jika Anda pilih "yes" maka BIOS mengurus pemberian IRQ, DMA dan I/O hanya pada saat booting. Setelah itu BIOS akan memberikan kemampuan konfigurasi resource pada sistem operasi yang mampu menangani Plug and Play seperti Windows 9x.

Resources Controlled By
Di sini dengan option "Auto" dan "Manual" Anda dapat memutuskan, apakah pemberian resources harus dilakukan secara otomatis melalui BIOS atau setidaknya sebagian dilakukan secara manual. Jika ada beberapa hardware yang tidak Plug n Play ada baiknya Anda memilih "Manual" dan Anda dapat mengkonfigurasikan masing-masing IRQ dan DMA secara manual (lihat "IRQ-x/DMA-x assigned to").

Reset Configuration Data
Digunakan untuk menghapus data PnP yang tersimpan pada blok ESCD (Extended System Configuration Data). Jika Anda pilih "enabled" maka BIOS akan menghapus data ESCD, tapi hanya sekali saja. Setelah itu pilihan ini akan diubah menjadi "disabled" secara otomatis.

IRQ-x/DMA-x assigned to
Pilihan ini hanya tampil, jika dalam "Resources Controlled By" telah dipilih option "Manual". Selanjutnya pilihan ini dapat dipilih dengan "Legacy ISA" atau "PCI/ISA PnP". Pilihlah "Legacy ISA" jika IRQ atau DMA tersebut digunakan oleh card yang tidak Plug n Play. Untuk sebuah card soundblaster 2.0 yang tua misalnya orang akan menentukan IRQ-5 dan DMA-1 pada pilihan "Legacy ISA".

PCI IRQ Activated By
Digunakan untuk menentukan cara mengaktifkan IRQ pada bus PCI. Pilihan yang ada yaitu "Level" dan "Edge". Defaultnya adalah "Level", pada beberapa card diperlukan pilihan "Edge".

Slot x using INT#
Menentukan IRQ yang digunakan oleh card yang terpasang pada masing-masing slot PCI. Dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah jika ada IRQ yang digunakan oleh card ISA yang tidak Plug n Play. Jika tidak ada masalah, lebih baik pada pilihan "Auto".

1st/2nd/3rd/4th Available IRQ
Pada pilihan yang juga jarang ini Anda dapat melakukan pengalokasian interrupt secara eksplisit untuk keempat interrupt (A sampai D) apabila pengallokasian dengan "Auto" memberikan hasil yang tidang diinginkan.

PCI IRQ Map To
Dalam pilihan menu ini Anda pilihlah pengallokasian IDE-interrupt 14 dan 15 yang klasik. Dalam kasus biasa mereka akan dibagikan dengan "PCI Auto" kepada Onboard-Controller yang secara khas telah tersedia. Tetapi sebagai penggantinya slot sebuah kartu PCI-Controller atau dengan "ISA" pemberian kepada sebuah ISA-Controller juga dapat disetting.

Primary/Secondary IDE INT#
Di sini ditentukan PCI-interrupt mana yang harus dipergunakan oleh masing-masing dari kedua IDE-channel dari Onboard-Controller atau dari sebuah card IDE di PCI. Biasanya adalah "A" dan "B".

Used MEM Base Addr
Option ini membuat reservasi sebuah range memori utama di daerah sektor upper-memory misalnya untuk beberapa kartu jaringan ISA yang tua. Akan tampil option "Used MEM Length" untuk men-setting ukuran memori yang dibutuhkan.

No comments:

Post a Comment