Kuliah Teknik Informatika Mau Jadi Apa?

sumber gambar: https://arinirusda.wordpress.com

Kuliah adalah kata-kata yang akan membuat galau, baik bagi yang akan memasukinya, sedang menjalaninya, bahkan yang sedang berada di akhir-akhir semester. Yah, setidaknya itulah yang saya rasakan ketika menjalani perkuliahan. Hehehe... Oleh karenanya, di postingan kali ini, saya ingin berbagi informasi barangkali bagi sohib-sohib yang bingung jika kuliah di jurusan informatika akan jadi apa? Ane bagi posting kali ini dalam tiga kegalauan.


Kegalauan Pertama: Mau Ambil Jurusan Apa?

sumber gambar: https://1.bp.blogspot.com


Kegalauan yang sering dirasakan oleh rekan-rekan yang baru saja lulus dari SMA. Bingung mau ambil jurusan apa ketika kuliah. Saran saya, jangan bingung. Pelajari pelan-pelan tentang jurusan yang akan sobat ambil. Tanyakan kepada senior-senior Anda tentang jurusan-jurusan di kampus Anda. Atau cari tahu dengan mendownload silabus pelajaran di jurusan kampus tersebut. Ringkasnya begini:

- Tentukan kampus yang akan sohib masuki. Sohib harus punya target kampus yang jelas bahkan target ini hendaknya sudah sohib tentukan semenjak awal masuk SMA/K. Tujuannya apa? agar sohib dapat menempa diri sesuai dengan mimpi sohib. Tentukan kampus terbaik yang ingin sohib masuki. Perkara nilai sohib nantinya memenuhi atau tidak itu urusan belakangan. Yang penting tujuan kampus sohib akan menentukan seberapa keras sohib akan berusaha mencapainya. Apalagi sohib berusaha untuk kuliah dengan beasiswa. Pasti makin semangat mengejar cita-cita. Yakin deh.

- Tentukan jurusan yang akan sohib masuki. Buka laman web kampus sohib. Data semua jurusan dan akreditasinya. Pelajari dan pilih dengan cermat jurusan yang akan sohib masuki nantinya. Tidak perlu buru-buru menentukan jurusan ini. Kelas tiga SMA/K juga gak papa kok. Yang penting sohib sudah punya gambaran mau masuk di kampus mana dulu, kemudian menempa diri sebaik mungkin selama SMA. Selama SMA kenalilah diri sohib. Jangan sampai nanti merasa salah jurusan atau apalah yang justru jadi batu pengganjal perjalanan sohib nantinya. Saya berikan sedikit gambaran tentang jurusan di kampus. Ini dari apa yang saya ketahui ya, barangkali sohib ada masukan silakan ditulis di komentar.

Jika sohib ingin bekerja di bidang industri dan keahlian khusus, entah di pabrik, kantor, pengembangan industri, maka ambilah jurusan teknik. Di sini sohib juga bisa memilih untuk menjadi dosen atau guru teknik kedepannya.

Jika sohib ingin bekerja di bidang sosial, menjadi dosen, guru, HRD dan yang sifatnya sosial, ambilah ilmu-ilmu seperti matematika, bahasa, psikologi, dakwah dan lain sebagainya.

Jika sohib gemar dengan penelitian dan kesehatan, bisa juga ambil di fakultas sains seperti analis kimia, analis kesehatan, farmasi dan sebagainya.

Tambahan saran dari saya, untuk sohib laki-laki, seharusnya tidak susah untuk mengambil jurusan karena memang pada umumnya, lelaki lebih mudah beradaptasi dengan ilmu-ilmu seperti teknik, ilmu sosial dan sebagainya. Namun bagi perempuan, saya sarankan untuk melihat diri Anda terlebih dahulu sebelum mengambil jurusan teknik. Ya, saya sangat menyarankan bagi sohib perempuan untuk brepikir dua kali sebelum mengambil ilmu teknik yang bersifat fisik seperti teknik mesin, teknik otomotif, teknik listrik dan sebagainya. Bukan enggak boleh, tapi kebanyakan perempuan agak susah mengikuti pelajaran di ilmu keteknikan. Tapi selama kalian merasa mampu ya why not.

***

Oke karena saya seorang mahasiswa T. Informatika, maka sekarang kita fokuskan postingan ini kepada salah satu ilmu teknik yang lumayan populer di Indonesia yaitu teknik informatika.

Bagi sohib-sohib yang benar-benar ingin mengambil teknik informatika, ini kira-kira yang akan dipelajari di dalamnya. Setidaknya inilah yang saya pelajari sebagai pelajaran umum di teknik informatika di kampus saya (Universitas Bina Darma Palembang)
  • Dasar-dasar pemrograman mulai dari pascal, C, hingga Java
  • Dasar-dasar jaringan komputer mulai dari hardware, subnetting hingga konfigurasi WAN
  • Dasar-dasar database dan RDBMS mulai dari menggunakan CMD hingga PHPMYADMIN
  • Pelajaran Normatif dan Adaptif sepert Agama, Kalkulus, Matematika Diskrit, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan sebagainya.
Oke, itu adalah gambaran pelajaran yang mungkin akan sohib-sohib rasakan selama belajar di awal-awal semester di Teknik Informatika. Jadi bagi teman-teman yang senang dengan komputer dan dunia komputer, sangat direkomendasikan untuk masuk ke teknik informatika. Namun bagi teman-teman yang lebih senang pemrograman dan kurang berminat di Jaringan Komputer, saya sarankan masuk ke jurusan yang khusus mempelajari tentang pemrograman seperti Sistem Informasi atau Rekayasa Perangkat Lunak. Bagi teman-teman yang menggemari multimedia, silakan masuk ke jurusan Multimedia. Kenalilah minat sobat karena ketika sobat adalah komputer freak bukan berarti sobat freak dengan semua hal tentang komputer bukan? hehehe. 

***

Kegalauan Kedua: Mau Ambil Konsentrasi Apa?

sumber gambar: https://www.youthmanual.com

Mata Kuliah Konsentrasi adalah mata kuliah yang diambil setelah menyelesaikan mata kuliah wajib sebelumnya. Di Jurusan Teknik Informatika, semua yang saya sebutkan sebelumnya adalah mata kuliah dasar yang harus dijalani oleh mahasiswa. Jalanilah mata kuliah tersebut dan rasakanlah ke mana nantinya sobat akan mengambil konsentrasi. 

Tips dari saya, jangan malas-malasan dan mengharap hasil instan ketika mengerjakan tugas karena kita sedang mengukur kemampuan dan minat kita ketika mengerjakan tugas.

Konsentrasi Jurusan TI di Universitas Bina Darma ada 3.
  •  Infrastruktur
    Infrastruktur adalah konsentrasi yang berfokus pada pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang menunjang kelancaran dan keamanan akses informasi. Mata kuliah yang masuk ke dalam konsentrasi infrastruktur antara lain:

    Komputer Forensik: Mata kuliah yang mempelajari tentang teknik-teknik mengakuisisi bukti-bukti digital dari perangkat komputer yang digunakan untuk keperluan hukum

    Computer Hacking : Mata kuliah tentang analisis kelemahan sistem dan bagaimana melakukan penetrasi ke dalamnya. Tujuannya adalah menemukan kelemahan system untuk dilakukan perbaikan keamanan padanya.

    Network Security: Mata kuliah tentang peningkatan keamanan system komputer untuk keamanan akses dan lalu lintas data.

    Manajemen Jaringan Korporat: Mata kuliah yang mempelajari tentang metode-metode membangun dan mengembangkan serta analisis trafik pada jaringan kelas korporat atau biasanya semacam perusahaan besar skala metropolitan atau nasional.
  •  Programming
    Konsentrasi programming adalah konsentrasi mata kuliah yang berfokus pada pemrograman, pengembangan aplikasi dan manajemen proyek. Mata kuliah yang termasuk ke dalam konsentrasi ini di antaranya:

    Java Programming : Mata kuliah yang fokus mempelajari tentang java programming

    Web Design : Mata kuliah yang berfokus mempelajari tentang web design

    Manajemen Proyek: Mata kuliah yang fokus pada penggunaan metode dan langkah-langkah melakukan manajemen proyek mulai dari persiapan hingga implementasi.
  •  RDBMS
    Konsentrasi RDBMS adalah konsentrasi yang berfokus pada pembangunan dan pengembangan relational database management system yang handal seperti data warehouse, data mining, redundansi database dan sebagainya.
Kira-kira itulah konsentrasi mata kuliah di kampus saya untuk jurusan informatika. Meski saya merasa untuk konsentrasinya masih terlalu luas dan kurang fokus. Harapan saya semoga kampus saya nantinya memiliki fakultas informatika tersendiri dengan jurusan Infrastruktur IT, Manajemen Proyek IT dan RDBMS. Agar nantinya konsentrasi yang dipilih mahasiswa akan lebih terfokus pada satu saja sehingga mahasiswa memiliki satu spesialisasi keahlian, komputer forensik misalnya. Mahasiswa dapat melakukan forensika komputer dibidang mobile, computer, audio, video, steganografi dan sebaginya. Atau dibidang web sehingga mahasiswa dapat membuat CMS sendiri.

***

Kegalauan Ketiga: Mau Ambil Skripsi Apa?

sumber gambar: https://bangkobar.files.wordpress.com

Bagi sohib-sohib yang sudah merasa enjoy dan senang dengan jurusan dan mantap dengan konsentrasi yang dipilih, biasanya tidak akan merasa repot dengan pemilihan judul skripsi. Oleh karenanya nikmatilah apapun pilihan sohib dan carilah judul yang mudah. Saya sudah menulis panjang kali lebar untuk kegalauan ini. Silakan merujuk ke sini.
Tips Memilih Judul Skripsi Bagi Anak Informatika



Oke sementara ini dulu, semoga bermanfaat.





No comments:

Post a Comment