IDENTIFIER, DATA TYPES AND VARIABLE

Computer programmer
Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang programer adalah kemampuan mengidentifikasi jenis data karena tugas utama seorang programer adalah membuat sebuah aplikasi yang mampu mengolah input menjadi output. Data yang diolah dapat berupa angka, huruf, kalimat hingga data tertentu dari database sebuah perusahaan.

Mengenal Variable dan Data Types




Pernah menonton acara masak-memasak di televisi? Coba perhatikan ketika sang koki mengenalkan bahan masakannya. Dia akan menunjuk bahan masakan yang ada di suatu wadah tersebut sembari menyebutkan apa isinya. Misalnya beberapa gram garam ditempatkan dalam mangkuk kecil, ayam yang sudah dipotong dadu di dalam mangkuk besar, kecap manis di dalam botol dan sebagainya. Nah jika kita analogikan kedalam dunia pemrograman maka bisa dibilang bahan makanan tersebut adalah data yang akan diolah sedangkan wadah yang digunakan untuk menempatkan bahan-bahan tadi itulah yang disebut variable. lantas data type-nya yang mana? Data typenya adalah jenis makanan tadi. Tidak mungkin kita akan meletakkan ayam di dalam botol kecap. Atau meletakkan kecap di dalam baskom. Setiap wadah memiliki peruntukan khususnya dimana dia hanya bisa diisi oleh jenis bahan makanan tertentu.
  • Identifier Identifier merupakan nama variable sederhana yang dimaksudkan sebagai kontainer atau penampung nilai. Jenis nilai yang dapat ditampung oleh identifier didefinisikan dengan special java words yang dikenal dengan tipe data sederhana atau primitive data types.
    - Identifier dapat digunakan untuk menyatakan suatu variable, class, method, konstanta atau parameter.
    - Identifier dapat ditulis dengan sembarang nama sesuai kebutuhan programmer. - Biasanya identifier bisa ditulis dengan angka dan huruf serta beberapa simbol yang dibolehkan seperti $ dan _ dan tidak boleh menggunakan spasi.
    - Secara gamblangnya identifier adalah nama yang digunakan programmer untuk menamai variable, class, konstanta, parameter dalam sebuah pemrograman.

    Contoh identifier dalam program java; Int angka = 0 ; - Int atau integer merupakan salah satu type data yang dikenali oleh java - angka disini sebagai variable - kata 'angka' yang digunakan untuk menamai variable disebut identifier - dan 0 adalah nilai yang dimuat oleh variable dengan identifier angka

  • Data type Data type digunakan untuk mendefinisikan tipe data apa yang bisa digunakan oleh suatu variable. Primitive Data Types merupakan tipe data standar yang dikenali mayoritas bahasa pemrograman. Contohnya adalah tipe data integer sebagai tipe data bilangan bulat. Type data String sebagai type data kalimat.Pada pemrograman statically-typed sebuah variable harus memiliki type data tertentu. Artinya variable tersebut hanya bisa menampung type data yang didefinisikan. Contoh deklarasi variable dalam program java adalah;int nominal ; baca: Variable nominal bertipe data integer. Artinya variable nominal hanya bisa menampung data/nilai dari kelompok bilangan bulat (integer). Variable nominal akan menolak jika kita masukan data bilangan desimal atau kata-kata ke dalamnya karena dia hanya bisa menampung nilai berupa bilangan bulat. Type data standar yang dikenali oleh mayoritas bahasa pemrograman antara lain;
    • Integer untuk data bilangan bulat Tipe data yang masuk dalam ranah integer antara lain;
      1. Byte (1 byte atau 8 bits)
      2. Short (2 bytes atau 16 bits)
      3. Int ( 4 bytes atau 32 bits)
      4. Long (8 bytes atau 64 bits)
    • Float untuk data bilangan berkoma. Yang termasuk tipe data float adalah;
      1. Float (4 bytes)
      2. Double (8 bytes)
    • Textual data types
      1. Char (digunakan untuk menampung data-data berupa karakter ASCII.)
    • Logical Data Types
      1. Boolean (digunakan untuk data dengan kondisi True atau False) Contoh: boolean kondisi = true;
    • String
      1. String (tipe data yang terdiri dari untaian huruf atau angka atau simbol. Biasanya di tulis menggunakan tanda double quotes atau petik dua sebagai pembuka dan penutup data. Contoh: String kalimat = "Hello World";
  • Variable Variable merupakan wadah virtual atau lokasi penyimpanan dalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan nilai/data. Variable hanya dapat mendefinisikan satu macam tipe data saja sesuai dengan tipe data yang didefinisikan padanya.

    Variable akan menampung data selama program dijalankan.Cara deklarasi variable dalam beberapa bahasa pemrograman berbeda-beda. Dalam pemrograman java, variable dideklarasikan dengan aturan; data_type variable_name ; contoh: int nomor; int merupakan type data integer nomor merupakan variablenyaDalam pemrograman pascal variable dideklarasikan dengan aturanvar nomor : integer; Var menunjukan ia memuat variable nomor adalah variablenya integer adalah tipe datanya

    Copy-paste from Catatan Informatika's Blog

No comments:

Post a Comment